Fakta Tentang 5G: Apa yang Akan Hadir dan Apa yang Tidak Hadir di Tahun 2018

Setelah bertahun-tahun harapan tentang kecepatan gigabit yang akan memungkinkan Anda mengunduh film berdurasi penuh hanya dalam hitungan detik, 5G akhirnya menjadi kenyataan pada tahun 2018. Atau setidaknya, kami akan memberikan pengalaman pertama kami.

APAKAH JARINGAN 5G AKAN HADIR DI TAHUN 2018

Generasi kelima dari konektivitas, dengan singkat disebut 5G, akan siap untuk prime time akhir tahun ini. Perangkat lunak sedang diuji, perangkat keras sedang dalam pengerjaan, dan operator menyiapkan rencananya untuk menerapkan 5G di pasar terpilih pada akhir 2018.

Standar jaringan baru bukan hanya tentang smartphone yang lebih cepat. Kecepatan yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah juga akan membuat pengalaman baru menjadi mungkin dalam realitas augmented dan virtual, mobil yang terhubung dan rumah pintar - setiap bidang di mana mesin perlu berbicara satu sama lain secara konstan dan tanpa lag.

Dalam dunia baru 5G yang berani, Anda pasti perlu membeli telepon baru, tetapi itu tidak akan semuanya tentang handset.

"5G akan menjadi era pasca-smartphone," kata Robert J. Topol, manajer umum Intel untuk bisnis dan teknologi 5G. "Ponsel adalah tempat pertama untuk diluncurkan karena [mereka] seperti pembawa berita dalam kehidupan kita dari sudut pandang konektivitas."

Inilah yang dapat Anda harapkan karena 5G akan diluncurkan akhir tahun ini:

3 Fakta Cepat 5G
  • Standar 5G akan diselesaikan pada bulan Juni.
  • Operator bekerja dengan mitra infrastruktur untuk menggunakan peralatan siap pakai 5G pada akhir 2018.
  • Telepon 5G-mampu pertama akan mulai muncul awal tahun depan. Perangkat 5G pertama akan menjadi hotspot seluler, yang akan diluncurkan menjelang akhir 2018.


Di mana 5G Sekarang

Proyek Kemitraan Generasi ke-3, badan standar yang menulis aturan untuk konektivitas nirkabel, disepakati pada bulan Desember pada spesifikasi pertama untuk 5G. Spesifikasi Non-Standalone dari standar Radio 5G Baru mencakup band 600 dan 700 MHz dan 50 GHz gelombang gelombang akhir spektrum.

jaringan 5G

Kesepakatan itu membuka jalan bagi pembuat perangkat keras untuk mulai mengembangkan handset dengan modem 5G di dalamnya. Tetapi spesifikasi non-standalone berlaku untuk 5G dikembangkan dengan LTE sebagai jangkar. Pada bulan Juni, badan standar akan bertemu lagi untuk menyelesaikan aturan untuk 5G mandiri, setelah itu operator jaringan dapat mulai menyesuaikan perangkat lunak mereka.

"[Standar] benar-benar menetapkan [panggung] untuk sistem interoperable dan uji coba lapangan dengan operator pada tahun 2018, dan itu memulai jam untuk dapat membangun perangkat yang memenuhi standar menuju paruh terakhir 2018 dan awal 2019 diluncurkan," kata Qualcomm's Matt Branda, yang mengawasi pemasaran 5G.

Penting untuk dicatat bahwa perangkat 5G harus bermain bagus dengan jaringan LTE yang ada, karena di area di mana cakupan 5G akan turun naik atau tidak ada, radio baru akan dioptimalkan untuk koneksi LTE yang tersedia. Itu sebabnya spesifikasi non-standalone turun lebih dulu.

Perusahaan seperti Qualcomm dan Intel bekerja pada modem 5G yang akan masuk ke ponsel, mobil, perangkat pintar-rumah dan bentuk perangkat lain yang belum terbentuk. Radio-radio tersebut berada di tengah-tengah pengujian untuk memastikan mereka dapat dioperasikan dengan operator jaringan dan perusahaan infrastruktur.

"Kami sudah melakukan lusinan uji coba," kata Topol dari Intel. "Sekarang ketika kita semakin dekat dengan silikon komersial, di situlah pengumuman OEM [dari pembuat perangkat keras] akan mulai masuk."

Untuk bagiannya, Qualcomm mengumumkan pekan lalu bahwa 19 operator jaringan di seluruh dunia berencana menggunakan modem X50 5G dalam uji coba 5G; angka itu mencakup semua operator utama AS. Delapan belas pembuat perangkat, termasuk Sony, ZTE dan LG, berencana untuk menggunakan X50 dalam produk 5G mereka, menurut Qualcomm. Qualcomm juga meluncurkan modem LTE baru - X24 - yang juga diharapkan akan disertakan pada perangkat 5G awal, karena kecepatan unduh maksimum 2 Gbps akan membantu ponsel tersebut tetap memiliki koneksi yang cepat meskipun jaringan 5G tidak tersedia.

Bagaimana Operator Nirkabel Mempersiapkan

Penerapan 5G paling awal akan menggunakan nirkabel tetap, mirip dengan broadband nirkabel yang Anda gunakan di rumah. Intel memamerkan beberapa fungsi itu di Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan, memungkinkan pemirsa di game untuk memanfaatkan apa yang disebut "teknologi time-slice" untuk memilih sudut pandang untuk menonton aksi tersebut. Teknologi itu didukung oleh koneksi nirkabel tetap 5G. Intel mengumumkan di Mobile World Congress bahwa mereka akan bermitra dengan operator telekomunikasi Jepang NTT Docomo untuk mengubah Tokyo menjadi kota pintar untuk Olimpiade 2020. Kedua perusahaan sudah meletakkan landasan untuk menciptakan pengalaman-pengalaman itu. 5G akan tersedia secara luas saat itu, tetapi Intel memiliki rencana ambisius, termasuk demonstrasi realitas virtual 360 derajat dalam resolusi 8K.

Demonstrasi samping, setelah spesifikasi final dirilis pada bulan Juni, kita akan melihat lebih banyak pengumuman dari operator nirkabel pada ketersediaan 5G di AS.

AT & T telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan layanan nirkabel 5G di 12 kota pada akhir tahun, meskipun perusahaan menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang pasar mana yang akan melihat peluncuran 5G dan kapan. Verizon membawa 5G tetap ke rumah di Sacramento, California, dan empat pasar tambahan akhir tahun ini, tetapi belum mengumumkan rencana untuk mobile 5G.

Ada operator jaringan yang akan sangat agresif dengan rencana mereka. Mungkin tidak ada banyak perangkat yang siap tetapi penting bahwa jaringan siap.- Robert J. Topol, Intel

Sementara untuk Sprint, ini mengincar peluncuran awal tahun 2019 pada spektrum gelombang milimeter, meskipun operator saat ini sedang membangun kapasitas jaringannya dan meningkatkan kecepatan LTE dengan MIMO masif, atau penggunaan beberapa transmisi dan menerima antena di stasiun pangkalan untuk meningkatkan kapasitas. Itu akan meletakkan dasar untuk penyebaran 5G di 2019.

T-Mobile juga bertujuan untuk peluncuran 2019 diikuti oleh cakupan 5G nasional pada 2020 setelah memenangkan lelang untuk spektrum 600 MHz musim panas lalu. Chief Technology Officer T-Mobile Neville Ray mengatakan perusahaan telah meluncurkan peralatan 5G-siap 600 MHz, sehingga ketika 5G siap digunakan, T-Mobile hanya perlu mengeluarkan upgrade perangkat lunak. Di Mobile World Congress, Ray mengumumkan bahwa T-Mobile sedang menyiapkan peralatan 5G siap pakai di 30 kota pada tahun 2018, dimulai pertama di New York City, Los Angeles, Dallas, dan Las Vegas.

Tetapi Ray juga memperingatkan bahwa perlombaan untuk mendapatkan konektivitas 5G kepada pelanggan pada tahun 2018 adalah "lomba tanpa tujuan," karena smartphone siap-pakai pertama 5G tidak akan diumumkan sampai Mobile World Congress pada Februari 2019.

Jaringan nirkabel generasi berikutnya membutuhkan lebih banyak infrastruktur, seperti sel kecil yang ditempatkan baik di dalam ruangan dan keluar yang mentransmisikan gelombang milimeter, yang melakukan perjalanan jarak pendek. Itu sebabnya T-Mobile fokus pada meletakkan peralatan tahun ini. Sprint menggunakan MIMO masif adalah cara lain untuk membangun jaringan next-gen. Sprint mengumumkan di MWC bahwa pelanggan di Chicago, Dallas, dan LA akan mulai melihat kecepatan yang lebih cepat berkat peluncuran jaringan MIMO besar dimulai pada bulan April. Akhir tahun ini, pelanggan Sprint di Atlanta, Houston, dan Washington D.C. juga akan melihat apa yang disebut Sprint "kemampuan 5G-like."

Situs sel MIMO besar-besaran menyediakan hingga 10 kali kapasitas LTE, tetapi rencana Sprint 2018 adalah jembatan antara LTE dan 5G. Pelanggan Sprint tidak akan melihat konektivitas 5G tahun ini.

Tetapi infrastruktur adalah kunci untuk memastikan cakupan 5G luas, efisien, konsisten dan bermain baik dengan jaringan LTE yang ada.

"Ada operator jaringan yang akan sangat agresif dengan rencana mereka," kata Topol dari Intel. "Mungkin tidak ada banyak perangkat yang siap tetapi penting bahwa jaringan siap sebelum perangkat. Chipset Intel akan mulai siap untuk produsen handset dan yang lain untuk pergi dan membangun."

Bagaimana dengan Ponsel?
Setelah pembuat chip dan operator membuat gerakan mereka, produsen ponsel akan mendapatkan giliran mereka. Itu berarti telepon baru sedang dalam perjalanan.

Ini adalah niat kami untuk memiliki perangkat awal pada akhir tahun. Kami akan terus menambah portofolio perangkat di [2019] dan seterusnya.- Gordon Mansfield, AT & T

Spesifikasi akan selesai pada bulan Juni, kemudian jaringan 5G akan diluncurkan dan Intel dan Qualcomm akan memiliki chipset yang siap digunakan. Tetapi Anda tidak akan melihat smartphone dengan radio 5G di dalam tahun ini.

"5G akan menjadi perangkat baru," kata Gordon Mansfield, AT & T wakil presiden RAN dan desain perangkat. "Perangkat Anda yang ada tidak memiliki radio di dalamnya yang mendukung kemampuan radio baru 5G. Ini adalah niat kami untuk memiliki perangkat awal pada akhir tahun. Kami akan terus menambahkan ke portofolio perangkat tersebut di [2019] dan seterusnya . "


Perangkat itu tidak akan menjadi telepon, CEO AT & T Randall Stephenson mengatakan selama pengumuman laba kuartal keempat perusahaan pada 31 Januari. Sebaliknya, AT & T akan merilis perangkat mobile hotspot seperti yang disebut keping yang akan memberikan kecepatan lebih cepat dan latensi yang lebih rendah. bentuk modem portabel.

Itu berarti telepon yang Anda beli tahun ini, bahkan setelah standar 5G selesai pada bulan Juni, tidak akan kompatibel dengan jaringan 5G. Itu sesuatu yang perlu dipikirkan jika Anda berencana berbelanja secara royal pada handset mahal.

5G Ponsel Luar Biasa

Mampu memanfaatkan data yang benar-benar tidak terbatas adalah impian pengguna ponsel cerdas, tetapi semua orang yang saya ajak bicara tentang 5G lebih bersemangat tentang potensi yang tidak dikunci oleh generasi nirkabel berikutnya. Mulai dari keamanan rumah pintar hingga mobil yang mengemudi sendiri, semua perangkat yang terhubung ke internet dalam hidup Anda akan dapat berbicara satu sama lain pada kecepatan kilat-cepat dengan latensi berkurang.

jaringan 5G tahun 2018 apa tahun 2020

"5G adalah salah satu dari mereka bentara, bersama dengan kecerdasan buatan, dari usia data yang akan datang ini," kata Steve Koenig, direktur riset pasar untuk Consumer Technology Association. “Kendaraan self-driving adalah simbol dari usia data ini, karena dengan satu tugas tunggal, mengemudi, Anda memiliki sejumlah besar data yang berasal dari kendaraan itu sendiri, [dan] berbagai sensor mengumpulkan banyak informasi untuk model lingkungannya sebagai itu bergerak. Ini menarik data dari kendaraan lain tentang kondisi jalan di jalur itu. Bisa jadi informasi cuaca, tetapi juga infrastruktur yang terhubung. Ada banyak data di balik tugas itu, itulah sebabnya kami membutuhkan kapasitas dan latensi yang lebih rendah. "

Dan 5G akhirnya bisa membuat headset augmented- dan virtual-reality lebih cocok untuk pengguna mainstream. Hal ini penting karena perusahaan seperti Apple dilaporkan mengembangkan kacamata AR untuk melengkapi - atau mungkin bahkan mengganti - ponsel cerdas. 5G akan membuat itu mungkin.

Diilustrasikan Ericsson pada Mobile World Congress tahun ini bagaimana kacamata pintar bisa menjadi lebih cepat dan lebih ringan dengan koneksi 5G, karena alih-alih ditimbang dengan komponen, kacamata bisa mengandalkan perangkat keras eksternal untuk mengolah daya.

Saya melihat melalui kacamata ketika bola digital mengalir di rak-rak fisik dan ke tanah, mengagumi bagaimana dunia virtual dipetakan di atas fisik. Tapi yang lebih penting adalah betapa mulusnya pengalaman itu, karena bola jatuh dari rak ke lantai.

Kacamata realitas terekspansi dan headset realitas virtual belum meretas arus utama, tetapi perusahaan teknologi bertaruh bahwa perangkat ini pada akhirnya akan menggantikan ponsel cerdas kami. Dengan 5G, itu benar-benar bisa terjadi.

Tapi jangan terlalu bersemangat. Masih ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk sementara, termasuk pemungutan suara pada spesifikasi yang berdiri sendiri, uji coba interoperabilitas untuk memastikan radio berfungsi dengan baik dengan pembangunan perangkat keras dan infrastruktur sehingga cakupan 5G tidak terkonsentrasi sepenuhnya di kota-kota dengan kepadatan tinggi .

"Saya pikir banyak hype adalah di mana hal-hal akan menjadi 10 tahun dari sekarang dengan 5G, bukan apa yang akan di luncurkan," kata Ron Marquardt, wakil presiden pengembangan teknologi Sprint.

2018 adalah saat transisi 5G benar-benar dimulai. Tapi 2020 adalah ketika generasi kelima konektivitas nirkabel benar-benar akan mulai lepas landas.

Catatan Editor: Artikel ini telah diperbarui pada tanggal 7 Maret dengan informasi dari Mobile World Congress.

2 Responses to "Fakta Tentang 5G: Apa yang Akan Hadir dan Apa yang Tidak Hadir di Tahun 2018"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel