Data WhatsApp di Google Drive tidak akan dienkripsi

WhatsApp baru-baru ini mengumumkan bahwa pengguna akan segera dapat mencadangkan semua data mereka ke Google Drive tanpa memakan penyimpanan tersebut ke penyimpanan Drive yang dialokasikan. Apa yang perusahaan katakan pada saat itu adalah bahwa data yang dicadangkan ke Drive akan disimpan dalam plaintext, tanpa enkripsi apa pun.

Data WhatsApp di Google Drive tidak akan dienkripsi

Cadangan Google Drive Tidak Dienkripsi

Mulai 12 November, backup WhatsApp ke Google Drive tidak akan dihitung ke kuota penyimpanan pengguna. Ini adalah hasil dari kesepakatan yang dibuat antara Google dan Facebook, yang memiliki WhatsApp. Google sudah menganalisis akun Drive pengguna untuk tujuan iklan yang ditargetkan, sehingga diharapkan bahwa jika Google akan menyimpan data WhatsApp secara gratis, perusahaan akan mendapatkan sesuatu sebagai balasannya (seperti akses ke data pengguna WhatsApp) .

WhatsApp mengkonfirmasi dalam FAQ-nya bahwa data yang dicadangkan ke Google Drive tidak akan mendapat manfaat dari enkripsi end-to-end default yang sama yang diimplementasikan untuk percakapan waktu nyata, dengan baris berikut: “Media dan pesan yang Anda cadangkan tidak dilindungi oleh enkripsi ujung-ke-ujung WhatsApp saat berada di Google Drive. "

Bagaimana WhatsApp Dapat Mengenkripsi Data

Ketika layanan komunikasi dienkripsi end-to-end, pengguna berada dalam kendali penuh karena mereka memiliki kunci pribadi yang digunakan untuk mengenkripsi komunikasi. Kunci ini biasanya disimpan secara lokal di perangkat dalam lingkungan yang aman seperti modul keamanan perangkat keras. Namun, jika pengguna ingin mengubah perangkat mereka dan kemudian mengakses data itu, mereka juga harus terlebih dahulu mentransfer kunci pribadi mereka. Sebagian besar pengguna tidak tahu cara melakukannya atau tidak ingin melakukannya.

Data yang tersimpan di cloud biasanya tidak dienkripsi dengan kunci pribadi pengguna untuk alasan yang sama. Lebih mudah untuk mentransfer dan mengakses data yang tidak terenkripsi. Ini mungkin juga menjadi bagian dari alasan mengapa WhatsApp menonaktifkan enkripsi end-to-end untuk data yang dicadangkan.

Namun, WhatsApp memiliki opsi lain di sini dapat dengan mudah diimplementasikan, yang memungkinkan pengguna untuk mengenkripsi data dengan kata sandi, sama seperti Anda biasanya mengenkripsi file .zip. Kata sandi hanya diperlukan selama pemasangan cadangan Drive, dan kemudian dapat disimpan dengan aman di perangkat, cara kunci privat disimpan, sehingga pesan baru dicadangkan secara otomatis. Dalam hal ini, baik Google, maupun siapa pun yang membobol akun Google Drive Anda akan memiliki akses ke data itu.

Di sisi lain, jika WhatsApp telah melakukan itu, Google akan memiliki sedikit alasan untuk menegosiasikan kesepakatan ini dengan perusahaan. Kami mencurigai WhatsApp tidak mengenkripsi cadangan mungkin bukan masalah teknis terutama, tetapi bisnis.

Bergerak Dari Enkripsi End-to-End

Pendamping bersama WhatsApp yang tersisa, Jan Koum, berhenti awal tahun ini setelah diduga bentrok dengan pimpinan Facebook, yang tampaknya ingin melumpuhkan enkripsi aplikasi untuk menerapkan lebih banyak alat ramah bisnis ke dalam aplikasi.

Dengan kedua pendiri dan banyak karyawan asli yang berhenti menggunakan WhatsApp, Facebook mungkin mulai mencari untuk memulihkan investasi $ 22 miliar. Enkripsi end-to-end dapat menghalangi cara melakukannya, karena tidak memungkinkan Facebook untuk melihat pesan pribadi pengguna atau bagi perusahaan untuk menempatkan dirinya di antara percakapan pengguna. Waktu akan memberi tahu seberapa jauh Facebook akan bersedia mengikuti rencananya.

0 Response to "Data WhatsApp di Google Drive tidak akan dienkripsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel