Cara Burning File ISO Ke Flashdisk Dengan Menggunakan Rufus Terbaru

Cara Burning File ISO Ke Flashdisk Dengan Menggunakan Rufus Terbaru
Burning Menggunakan Rufus

Cara Burning Windows/Linux Menggunakan RUFUS TERBARU - USB Drive adalah perangkat akses yang paling nyaman saat ini ketika kebutuhan untuk menyiapkan media yang dapat di-boot muncul. Untuk alasan yang tersedia dan dapat dikonfigurasi, drive USB perlahan-lahan menyalip CD / DVD dari masa lalu. Tetapi bahkan ketika media USB Bootable memegang keunggulan signifikan atas drive CD / DVD dalam banyak kasus, itu memang memiliki beberapa peringatan juga. Yang menonjol adalah pengaturan media instalasi USB untuk Windows atau Linux membutuhkan perangkat lunak tambahan. (Lihat panduan kami untuk Membuat USB yang dapat di-boot dengan tanpa perangkat lunak Windows 10 jika Anda hanya ingin menggunakan command prompt lama yang terpercaya).

Kami telah berbicara tentang lima alat media Bootable gratis terbaik untuk Windows 10. Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai untuk Anda. Di antara mereka semua, RUFUS adalah perangkat lunak pilihan paling populer untuk alat USB bootable Windows 10. Pada artikel ini, kami bertujuan untuk memandu Anda melalui langkah-langkah untuk membuat Media USB Bootable untuk Windows atau OS Linux menggunakan Rufus. Jadi mari kita langsung ke sana.

Bagaimana Cara Membuat Bootable USB menggunakan RUFUS?


Persyaratan


  • Aplikasi RUFUS.
  • File ISO untuk membuat Media Instalasi.
  • Perangkat USB dengan kapasitas yang memadai (4GB Minimum untuk Linux dan 8GB minimum untuk Windows).


Unduh RUFUS Versi Terbaru

RUFUS adalah utilitas pembuatan media Windows 10 ISO ke USB freeware. Unduh dari situs resmi - https://rufus.akeo.ie/

Gulir ke bawah ke bagian Unduh di mana Anda akan menemukan file executable terbaru dan file portabel. Selain itu, Anda bisa mendapatkan versi sebelumnya dengan masuk ke bagian versi lain.

Buat Bootable Media


Aplikasi pembuatan Windows 10 yang dapat di-boot Windows ini tidak memerlukan instalasi untuk dijalankan. Jalankan saja file yang dapat dieksekusi, dan Anda siap melakukannya.

Pertama-tama, Masukkan Perangkat USB dan mulai aplikasi sebagai Administrator.

Jika USB terpasang, RUFUS akan secara otomatis mendeteksi drive dan menunjukkan hal yang sama. Jika beberapa perangkat USB dipasang, pilih salah satu yang Anda sukai dari menu drop-down di bawah Perangkat.

Alat kreasi media USB gratis ini untuk Windows 10 dan Mac dapat membuat media USB Bootable dari perangkat file ISO dengan pengaturan berbeda seperti skema partisi, ukuran Cluster, dan sistem file. Seperti yang Anda ketahui, berbagai perangkat keras dan sistem operasi file ISO memerlukan pengaturan yang berbeda jadi pastikan Anda menentukannya.

Baca Juga : 

1. Cara Menonaktifkan Pemberitahuan Windows Defender Pada Windows 102. Cara Scan Memindai File dan Link Url Tanpa Menggunakan Software Antivirus yang Terinstal

Selanjutnya, browse ke Windows 10 ISO atau file ISO lainnya yang Anda ingin buat media USB Bootable Windows 10 untuk. Ini dapat dilakukan di bawah pilihan Boot. Versi terbaru dari aplikasi media ISO ke USB ini (Rufus-3.1 dan yang lebih tinggi) menyediakan opsi untuk Non-Bootable, FreeDOS dan Disk atau gambar ISO. Pilih Disk atau ISO Image dan klik pilih untuk menelusuri file Linux ISO.

Kemudian, Klik Mulai dan di jendela sembulan berikutnya, klik OK untuk mengonfirmasi menghapus konten dan memformat drive. Mungkin, prosesnya tidak akan memakan waktu lebih dari beberapa menit. Bilah status menampilkan progres. Akhirnya, ketika semuanya selesai, Anda akan memiliki perangkat Boot Anda siap.

Pengaturan yang Disarankan untuk RUFUS


Biasanya, pengaturan standar sudah cukup, dan Anda dapat memulai proses Membuat Windows 10 USB atau Linux USB boot media. Bagi Anda yang ingin mengetahui perangkat keras Anda dengan lebih baik, kami akan melihat sekilas.

Pada dasarnya, dua jenis perangkat lunak tingkat rendah yang pertama kali dijalankan ketika komputer dinyalakan adalah UEFI dan BIOS. Kecuali perangkat keras lama, sebagian besar mesin yang lebih baru datang dengan UEFI (Unified Extensible Firmware Interface). UEFI jauh lebih mampu daripada Legacy BIOS. Untungnya, Kami telah menulis seluruh artikel yang menjelaskan hanya itu. Jadi, Pergi periksa UEFI, BIOS, GPT, MBR - Apa Perbedaannya? untuk mengetahui segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang topik itu.

Selanjutnya, jika Anda ingin mengetahui pengaturan yang disarankan untuk masing-masing skema partisi, kami akan mencantumkan yang sama di bawah ini.

Pengaturan Rufus untuk windows 10

Buat Bootable Windows 10 USB dengan UEFI

  • Partition scheme: GPT.
  • Target System type: UEFI.
  • File System: FAT32.
  • Cluster Size: select the 4096 bytes(Default).

Dalam Opsi Format, Periksa keduanya:
  • Quick format.
  • Create extended label and icon files.

Buat Bootable Windows 10 USB menggunakan Legacy BIOS
  • Partition scheme: MBR.
  • Target System type: BIOS or UEFI-CSM.
  • File System: NTFS.
  • Cluster Size: select the 4096 bytes(Default).

Dalam Opsi Format, Periksa keduanya:
  • Quick format.
  • Create extended label and icon files.
Quick format.


Hal lain yang harus dicari dalam hal Membuat media Boot Linux adalah bahwa RUFUS akan memeriksa file Syslinux / GRUB yang diperbarui. Akibatnya, sebuah jendela sembulan akan muncul meminta Anda untuk memilih apakah akan mengunduh file yang lebih baru dari server atau untuk terus menggunakan yang ada di aplikasi.

Mengatasi Masalah RUFUS dan Kesalahan

Anda mungkin mengalami beberapa masalah saat membuat USB yang dapat di-boot dari ISO menggunakan Rufus

Kesalahan: [0x00000015] Perangkat tidak siap.

Terutama, kesalahan ini menunjukkan masalah perangkat keras di mana USB tidak terhubung dengan benar. Jenis kesalahan ini dapat terjadi jika ada penghitungan otomatis dinonaktifkan untuk perangkat USB. Lebih lanjut, kesalahan ini cenderung muncul selama proses pemformatan USB. Untuk memperbaiki masalah RUFUS ini,

  • Buka Command prompt sebagai Administrator.
  • Ketik mountvol / e dan tekan Enter.

Selain itu, jika kesalahan muncul selama proses ekstraksi ISO, ini mungkin karena koneksi USB yang buruk. Oleh karena itu, tidak disarankan menggunakan kabel / konektor eksternal untuk menyambungkan USB 3.0 kecepatan tinggi.

Perangkat dihilangkan karena tampaknya tidak mengandung media

Jika Anda mengalami kesalahan ini, coba gunakan perangkat USB lain. Karena ini berarti perangkat tidak lagi dapat menulis ulang memori.

Kesalahan [0x00000005] Akses ditolak

Tentu saja, jenis kesalahan ini sebagian besar perangkat lunak pihak ketiga yang bertentangan dengan alat USB 10 Windows gratis ini. Anda harus memeriksa perangkat lunak eksternal seperti Anti Virus atau perangkat lunak Anti-malware yang mungkin memblokir aplikasi pembuatan media yang dapat di-boot ini dari mengakses drive USB.

Selain itu, jika Anda menggunakan Windows 10 untuk membuat perangkat USB Bootable, fitur yang disebut Controlled Folder Access akan menyebabkan masalah jika diaktifkan. Akses Folder Terkendali mencegah aplikasi dari menulis ke drive di luar lokasi perangkat lunak yang dieksekusi. Jadi pastikan untuk menonaktifkan fitur ini. Untuk melakukan ini,
  • Pilih Mulai> Pengaturan> Perbarui & keamanan> Windows Defender.
  • Buka Pusat Keamanan Windows Defender.
  • Pergi Ke Perlindungan virus & ancaman> Pengaturan perlindungan virus & ancaman.
  • Di bawah Akses folder terkontrol, matikan sakelar sakelar untuk menonaktifkannya.
Menonaktifkan windows defenfer

USB yang dapat menggunakan RUFUS


Jadi itu semua yang perlu Anda ketahui saat membuat media USB yang dapat di-boot menggunakan Rufus untuk Menginstal distribusi Windows 10 atau Linux. Terakhir, jika Anda menghadapi masalah lagi selama proses ini, lihat bagian FAQ GitHub resmi. Juga, jika Anda ingin kami berbicara tentang lebih banyak perangkat lunak pembuatan media yang dapat di-boot USB, beri tahu kami di komentar di bawah. Tepuk tangan!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel